LIPI​ ​dan ​Ivosights​ ​Analisis​​ ​Obrolan di Media Sosial

LIPI​ ​dan ​Ivosights​ ​Analisis​​ ​Obrolan di Media Sosial - Sahabat Info Tekno semuanya, kali ini Informasi Teknologi akan memberikan informasi teknologi terbaru dan mungkin penting untuk anda baca dengan judul LIPI​ ​dan ​Ivosights​ ​Analisis​​ ​Obrolan di Media Sosial yang telah kami analisa dan kami persiapkan dengan matang untuk anda baca informasi teknologi terbaru kali ini. Semoga imformasi dunia teknologi yang kami sajikan mengenai Artikel Teknologi, yang kami tulis ini dapat anda jadikan pengetahuan di dunia teknologi dan anda tidak kudet lagi dan menjadi manusia yang update teknologi.

Judul : LIPI​ ​dan ​Ivosights​ ​Analisis​​ ​Obrolan di Media Sosial
link : LIPI​ ​dan ​Ivosights​ ​Analisis​​ ​Obrolan di Media Sosial

Infotekno-Baru

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Ivosights berkolaborasi untuk menganalisis obrolan warganet di media sosial. Kolaborasi ini diwujudkan dalam bentuk perjanjian kerja sama Penelitian dan Pengembangan "Sentiment Analysis".

"Sebuah​ ​kehormatan​ ​bagi​ ​startup​ seperti​ ​kami ​bisa​ ​berkolaborasi dengan​ ​lembaga​ ​riset​ ​negara​ ​kelas​ ​dunia​ ​seperti​ ​LIPI,"​ ​ujar​ ​Elga​ ​Yulwardian,CEO​ ​&​ ​co-founder​ ​Ivosights​ ​dalam pernyataannya kepada Tekno Liputan6.com.

Ia melanjutkan,​ ​​kolaborasi ini ​membuka peluang bagi ​kedua​ ​pihak​ untuk ​berbagi kompetensi guna ​menjawab​ ​tantangan​ ​pasar​ ​dan​ ​kemajuan​ ​tekonologi​ ​yang​ ​sangat dinamis, terutama ​dalam​ ​memahami​ ​dan​ ​menganalisis​ ​data​ ​obrolan​ ​di​ ​media sosial​ ​secara lebih ​dalam.

Data tersebut, jika dilihat dari perspektif perusahaan,​ ​merupakan​ ​sumber​ ​informasi​ ​penting​ ​untuk mengetahui​ ​respons ​masyarakat​ ​atas​ ​produk dan​ ​layanan​ ​mereka.​ ​Demikian pula bagi partai​ ​politik​ ​atau​ ​politikus​ ​yang​ ​ingin mencermati ​tingkat​ ​popularitas mereka di media sosial.

Namun perlu diingat,​ ​mengukur sentimen​ ​atas​ ​obrolan ​di​ ​media​ ​sosial​ ​tidaklah mudah.​ ​Bahasa ​yang​ ​digunakan​ ​di​ ​media​ ​sosial​ ​umumnya​ ​bukan​ ​bahasa formal, sehingga ​diperlukan​ suatu​ ​analisis​ ​supaya data ​itu​ ​dapat ditafsirkan,​ ​dan​ ​kemudian​ ​dijadikan tolok ukur dalam ​pengambilan​ ​keputusan.

“Opinion miring atau​ ​sentimen​t ​analysis​ adalah​ ​riset​ ​komputasional​ ​atas​ ​opini, sentimen,​ ​dan​ ​emosi​ ​yang​ ​diekspresikan​ ​secara​ ​tekstual,”​ ​ujar ​Dr.​ ​Yan​ ​Rianto, Kepala​ ​Pusat​ ​Penelitian​ ​Informatika​ ​LIPI.

Ia menjelaskan,​ ​LIPI​ ​yang​ ​kini​ ​tengah merayakan​ ​50​ ​tahun​ ​kiprahnya​ ​di​ ​Indonesia, tertarik​ ​bekerja​ ​sama​ ​dengan​ ​Ivosights​ ​karena​ ​kegiatan​ ​penelitian​ ​dan pengembangan​ ​analisis​ ​sentimen​ ​memang​ ​sejalan​ ​dengan​ ​kebutuhan​ ​industri saat ini.

“Kolaborasi​ ​ini​ ​diharapkan​ ​menjadi​ ​awal​ ​yang​ ​sukses​ ​dalam​ ​riset​ ​komputasional, juga​ ​riset-riset​ ​lain​ ​yang​ ​dikembangkan​ ​dari​ ​kerja​ ​sama​ ​ini.​ ​Kami​ ​berharap​ ​penelitian ini​ ​mampu​ ​menghasilkan​ ​suatu​ ​produk​ ​atau​ ​aplikasi​ ​yang​ ​bermanfaat,​ ​serta dapat​ ​selalu dikembangkan​ ​sesuai​ ​kebutuhan,”​ ​tutur Dr. Yan.

(Why/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Let's block ads! (Why?)


Demikian Informasi Teknologi LIPI​ ​dan ​Ivosights​ ​Analisis​​ ​Obrolan di Media Sosial

Informasi LIPI​ ​dan ​Ivosights​ ​Analisis​​ ​Obrolan di Media Sosial kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Baca juga


LIPI​ ​dan ​Ivosights​ ​Analisis​​ ​Obrolan di Media Sosial


Anda sekarang membaca artikel LIPI​ ​dan ​Ivosights​ ​Analisis​​ ​Obrolan di Media Sosial dengan alamat link https://infotekno-baru.blogspot.com/2017/10/lipi-dan-ivosights-analisis-obrolan-di.html

Subscribe to receive free email updates: