Tren Big Data Semakin Masif, Apa Manfaatnya Bagi Indonesia?

Tren Big Data Semakin Masif, Apa Manfaatnya Bagi Indonesia? - Sahabat Info Tekno semuanya, kali ini Informasi Teknologi akan memberikan informasi teknologi terbaru dan mungkin penting untuk anda baca dengan judul Tren Big Data Semakin Masif, Apa Manfaatnya Bagi Indonesia? yang telah kami analisa dan kami persiapkan dengan matang untuk anda baca informasi teknologi terbaru kali ini. Semoga imformasi dunia teknologi yang kami sajikan mengenai Artikel Teknologi, yang kami tulis ini dapat anda jadikan pengetahuan di dunia teknologi dan anda tidak kudet lagi dan menjadi manusia yang update teknologi.

Judul : Tren Big Data Semakin Masif, Apa Manfaatnya Bagi Indonesia?
link : Tren Big Data Semakin Masif, Apa Manfaatnya Bagi Indonesia?

Infotekno-Baru

Liputan6.com, Jakarta -Big data mungkin adalah istilah yang belum bisa diterima semua orang secara familiar. Padahal, peran big data sendiri digadang-gadang bakal menjadi salah satu fondasi penting bagi industri teknologi dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Lalu, bagaimana dengan perkembanganbig data di Tanah Air? Seperti apa arah tren big data di dunia teknologi Indonesia?

Semua pertanyaan tersebut memang masih mengambang. Namun, di mata pakar big data Komang Budi Aryasa, arah big data di Indonesia sudah memiliki pola yang sudah jelas.

Sebelum kita lanjut menyimak seperti apa tren big data di Indonesia, ada baiknya meninjau ulang arti dari big data itu sendiri.

Dijelaskan Komang, secara harafiah big data adalah data besar. Sebelum ada istilah big data, dulu masyarakat justru bekerja dengan data-data yang sifatnya data yang terstruktur dengan rapi--ditabulasi. Cukup mudah bagi mereka untuk mengolah dan mengenali data karena masih berupa tabel-tabel.

Kendati demikian, sejak ada internet, banyak sekali data yang sifatnya tidak terstruktur, contohnya seperti data orang yang mengirim teks di media sosial atau juga data dari platform berita online. 

"Kita ingin menggali apa saja informasi yang ada di dalamnya, apa yang menjadi pembicaraan orang. Data-data seperti itu namanya data tidak terstruktur, perlu cara khusus untuk mengolah data itu, karena ingin menemukan satu informasi di dalamnya," kata pria yang menjabat sebagai Head of Research & Big Data Telkom Indonesia ini kepada Tekno Liputan6.com dalam sebuah wawancara khusus beberapa waktu lalu.

Komang menekankan, pangkal dari pengolahan data adalah untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Dalam buku Komang berjudul "Rahasia Big Data", ia merujuk bahwa pengambilan keputusan selalu didasarkan dengan intuisi.

"Sekarang ini banyak manajer-manajer baru yang tidak punya pengalaman dalam pengambilan keputusan. Maka mereka harus dibekali dengan data. Sehingga ini menjadi tools untuk mengambil keputusan, ada satu frase "Data Oriented Decision Making" di dalam buku saya, itulah fungsi big data pada akhirnya," ucap pria berkacamata ini.

"Nah, tadi ada data yang terstruktur dan tidak, jika ini digabung dua-duanya akan menimbulkan volume data yang sangat tinggi. Bayangkan, setiap hari orang chatting, setiap hari posting sesuatu di medsos, informasi berseliweran di internet, itu menimbulkan volume data yang sangat besar," lanjutnya menerangkan.

Let's block ads! (Why?)


Demikian Informasi Teknologi Tren Big Data Semakin Masif, Apa Manfaatnya Bagi Indonesia?

Informasi Tren Big Data Semakin Masif, Apa Manfaatnya Bagi Indonesia? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Baca juga


Tren Big Data Semakin Masif, Apa Manfaatnya Bagi Indonesia?


Anda sekarang membaca artikel Tren Big Data Semakin Masif, Apa Manfaatnya Bagi Indonesia? dengan alamat link https://infotekno-baru.blogspot.com/2018/01/tren-big-data-semakin-masif-apa.html

Subscribe to receive free email updates: