Google Bakal Tarik Biaya Perangkat Android yang Rilis di Eropa

Google Bakal Tarik Biaya Perangkat Android yang Rilis di Eropa - Sahabat Info Tekno semuanya, kali ini Informasi Teknologi akan memberikan informasi teknologi terbaru dan mungkin penting untuk anda baca dengan judul Google Bakal Tarik Biaya Perangkat Android yang Rilis di Eropa yang telah kami analisa dan kami persiapkan dengan matang untuk anda baca informasi teknologi terbaru kali ini. Semoga imformasi dunia teknologi yang kami sajikan mengenai Artikel Teknologi, yang kami tulis ini dapat anda jadikan pengetahuan di dunia teknologi dan anda tidak kudet lagi dan menjadi manusia yang update teknologi.

Judul : Google Bakal Tarik Biaya Perangkat Android yang Rilis di Eropa
link : Google Bakal Tarik Biaya Perangkat Android yang Rilis di Eropa

Infotekno-Baru

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan Uni Eropa untuk mendenda Google direspon cepat oleh perusahaan.

Google akhirnya menerapkan biaya untuk perusahaan smartphone yang ingin menggunakan Android dan memasarkannya di Eropa.

Dikutip dari The Verge, Kamis (18/10/2018), biaya yang ditarik bukan untuk sistem operasi Android, melainkan aplikasi besutan Google yang akan dibenamkan di perangkat.

"Mengingat aplikasi Google Search dan Chrome bersama aplikasi lain membantu kami mengembangkan dan distribusi Android gratis, kini kami memperkenalkan lisensi berbayar baru di perangkat Android untuk Eropa," tutur SVP Android Hiroshi Lockheimer.

Dengan sistem baru ini, Lockheimer juga memastikan bahwa Android sebagai sistem operasi tetap gratis dan terbuka.

Perubahan hanya diterapkan pada produk bawaan Google yang biasanya ada di sistem operasi tersebut.

Jadi, perusahaan yang ingin menyertakan aplikasi atau layanan Google kini harus membayar biaya lisensi lebih dulu ke perusahaan.

Perusahaan mengungkap, akan menarik biaya lisensi untuk layanan seperti Play Store, Gmail, Google Maps, dan YouTube. 

Untuk informasi, sebelumnya layanan Google itu merupakan aplikasi bawaan yang wajib disertakan jika perusahaan ingin memakai Android. 

Namun, setelah Uni Eropa menjatuhkan denda karena dianggap monopoli, Google kini wajib mengubah model bisnis itu. 

Sementara untuk aplikasi Chrome dan Search, dapat masuk dalam bundel lisensi perusahaan. Kendati demikian, kedua aplikasi ini tidak wajib disertakan dalam perangkat Android.

Oleh sebab itu, perusahaan yang tidak mau membayar biaya lisensi tetap dapat menggunakan Android sebagai sistem operasi tanpa aplikasi bawaan Google.

Cara ini mirip dengan pemasaran perangkat Android di Tiongkok--di mana layanan Google diblokir di sana.

Dampak dari aturan baru tersebut, bukan tidak mungkin akan menaikkan harga perangkat Android di Eropa.

Terlebih, Play Store merupakan aplikasi inti yang dibutuhkan untuk mengakses aplikasi Android, sehingga kecil kemungkinan vendor smartphone tidak dapat menyertakannya.

Let's block ads! (Why?)


Demikian Informasi Teknologi Google Bakal Tarik Biaya Perangkat Android yang Rilis di Eropa

Informasi Google Bakal Tarik Biaya Perangkat Android yang Rilis di Eropa kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Baca juga


Google Bakal Tarik Biaya Perangkat Android yang Rilis di Eropa


Anda sekarang membaca artikel Google Bakal Tarik Biaya Perangkat Android yang Rilis di Eropa dengan alamat link https://infotekno-baru.blogspot.com/2018/10/google-bakal-tarik-biaya-perangkat.html

Subscribe to receive free email updates: